Kenapa Toyota Avanza Veloz Patut Dipertimbangkan?

Toyota Avanza Veloz hadir untuk menguatkan posisi teratas Avanza di klasemen pasar Low MPV. Dengan mesin 1,5-liter yang lebih besar, diharapkan mampu memenuhi keinginan penggemar Avanza dengan mesin yang lebih bertenaga plus fitur terlengkap. Segmen LMPV pun semakin ramai dan persaingannya sangatlah berat. Rata-rata diperkuat mesin 1,4-liter – 1,5-liter dan saling beradu kelengkapan fitur.

Avanza versi facelift, mengalami banyak pembenahan dibandingkan sebelum facelift dan generasi pertama. Begitu pula dengan Veloz. Walau kompetitornya menawarkan produk yang lebih baik, ada beberapa faktor yang membuat mobil ini patut dipertimbangkan untuk dipinang. Apa saja itu?

Mesin NR-Series dipakai untuk Veloz 1.3 dan 1.5, menggantikan mesin K3-VE dan 3SZ-VE. Sudah menggunakan Drive by Wire (DBW), sehingga pengantaran tenaga lebih halus tapi responsnya sedikit lamban. Sangat terasa bagi Anda yang sudah terbiasa dengan Avanza lama dan mencoba Avanza terbaru. Semuanya menjadi serba halus. Mulai dari starter mesin, hingga rasio gear manualnya. Tenaga dan torsinya lebih merata di setiap putaran.

Meski transmisi otomatis masih konvensional yang sedikit menyentak, perpindahannya tergolong cekatan. Ditambah lagi teknologi Dual VVT-i, secara teknis seharusnya bisa lebih irit dibanding mesin lama. Dengan perubahan yang ada, mesin 1NR-VE dan 2NR-FE sudah cukup memiliki keunggulan bersaing melawan LMPV lainnya. Daya tahannya memang masih perlu dibuktikan seiring berjalannya waktu. Kalau Avanza dan Veloz lama sudah terbukti bandel dan cenderung bebas masalah hingga saat ini.

Yang kedua, pembenahan pada sektor suspensi meningkatkan kenyamanan tanpa mengurangi ketangguhannya. Per dan shock absorber di Avanza terbaru dirancang berbeda. Bantingannya empuk dan tidak lagi memantul seperti Avanza terdahulu. Kenyamanannya mampu mendekati Suzuki Ertiga yang terkenal paling nyaman. Tidak lagi selalu mengayun dan memantul seperti dulu yang sering kali membuat mabuk darat. Ketangguhannya pun tak perlu dipertanyakan. Khas Toyota yang memang terkenal awet soal “kaki-kaki”.

Terakhir kenyamanan kabin yang juga ditingkatkan. Terutama dari segi NVH (Noise, Vibration, Harshness). Kabin Veloz semakin kedap dari kebisingan luar dan gesekan aspal. Bahkan lebih baik dari Honda Mobilio. Semakin senyap dan bantingan empuk, menjadi poin plus dari Veloz yang berhasil dibenahi. Fitur keselamatan sudah sangat memadai dan cukup untuk standar mobil sekarang. Dual SRS airbag dan ABS tidak hanya ada di Veloz tapi juga di Avanza tipe E sebagai varian terendah. Immobilizer standar mulai di Avanza tipe G. Setidaknya sudah ada kepedulian terhadap maraknya pencurian kendaraan bermotor, khususnya di mobil sejuta umat ini.

Jika disejajarkan dengan LMPV lain, Avanza dan Veloz seperti memiliki peruntukan yang berbeda. Mobil ini memang paling cocok diajak kerja berat dan menjadi mobil “perang”. Tidak seperti lainnya yang terasa meragukan jika ingin diperlakukan sama. Nama besar Toyota turut menjadi jaminan yang menenangkan hati. Karena sudah terbukti produknya kuat dan awet, jaringan purnajual terbaik dan suku cadang berlimpah ruah. Sehingga tak segan memperlakukan Avanza atau Veloz dengan cara apapun.

Author: djava.id
1

Tinggalkan Balasan

KANG UDINSenior Sales Executive

Miliki segera Mobil Toyota terbaru idaman Anda.

Dapatkan harga dan promo menarik hari ini.

Pengunjung


Miliki segera mobil toyota terbaru dan dapatkan harga & promo menarik hari ini.